Manhaj Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah Dalam Perkara Takfir Mu'ayyan

Manhaj Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah dalam Vonis Takfir Mu'ayyan ( vonis pengkafiran atas individu muslim yang berbuat kekufuran )

Pertama


Syaikhul Islam Ahmad Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata :

وليس لأحد أن يكفر أحدا من المسلمين وإن أخطأ وغلط حتى تقام عليه الحجة وتبين له المحجة ومن ثبت إسلامه بيقين لم يَزُلْ ذلك عنه بالشك ؛ بل لا يزول إلا بعد إقامة الحجة وإزالة الشبهة

“Dan tidak boleh seorangpun mengkafirkan seorang lainnya dari kaum muslimin meskipun ia keliru atau bersalah sampai ditegakkah kepadanya hujjah dan jelas baginya hujjah. Barangsiapa yang tegak islamnya dengan yakin, maka tidaklah bisa islam tersebut hilang darinya hanya dengan keraguan, namun bisa hilang jika telah ditegakkan hujjah dan dihilangkan syubhatnya"

Majmu' Al-Fatawa Syaikhul Islam Ahmad Bin Taimiyyah rahimahullah, Juz 12, Halaman 466

Kedua

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:

و أما الحكم على المعين بأنه كافر أو مشهود له بالنار فهذا يقف على الدليل المعين , فإن الحكم يقف على ثبوت شروطه و انتفاء موانعه

"Dan hukum atas mu'ayyan (individu muslim tertentu), bahwasanya dia kafir atau divonis dengan neraka, maka ini tergantung kepada dalil khusus, kemudian vonis kafir tersebut juga tergantung terpenuhi syarat-syarat dan tidak ada penghalang-penghalang untuk dikafirkan"

Majmu' Al Fatawa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah,
Juz 12 Halaman 498

Ketiga 

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:

ولا يكفر الشخص المعين حتى تقوم عليه الحجة كما تقدم كمن جحد وجوب الصلاة و الزكاة و استحل الخمر و الزنا و تأول. فإن ظهور تلك اﻷحكام بين المسلمين أعظم من ظهور هذه, فإذا كان المتأول المخطئ في تلك لا يحكم بكفره إلا بعد البيان له و استتابته, كما فعل الصحابة في الطائفة الذين استحلوا الخمر

"Dan tidak boleh mengkafirkan seseorang secara individu, sampai ditegakkan hujjah kepada individu tersebut, sebagaimana contoh sebelumnya seperti: orang yang mengingkari kewajiban sholat, zakat dan orang yang menghalalkan khamer dan zina dikarenakan takwil.
Maka sungguh perkara hukum-hukum yang telah jelas disisi kaum muslimin, adalah seperti jelasnya contoh-contoh ini.
Sehingga manakala seseorang yang menakwilkan keliru dalam perkara hukum-hukum yang dimaksud, maka tidak boleh mengkafirkan individu tersebut kecuali setelah ada bayan penjelasan (iqamatul hujjah) dan memerintahkannya untuk bertaubat, sebagaimana praktek shahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam terhadap sekelompok orang yang menghalalkan khamer"

Majmu' Al Fatawa juz 7 halaman 619

Perkataan beliau ini lebih spesifik menjelaskan individu muslim yang terjatuh kedalam perkara ma'luum minad-diini bidh-dharuurah yakni perkara yang terang benderang hukumnya, diketahui dan disepakati hukum tersebut oleh ulama bahkan awam sekalipun, dikarenakan adanya takwil

Keempat

قال شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله :

إن التكفير له شروط وموانع قد تنتفي في حق المعين، وإن تكفير المطلق لا يستلزم تكفير المعين، إلا إذا وجدت الشروط وانتفت الموانع

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:

"Bahwasanya pengkafiran itu memiliki syarat-syarat dan penghalang-penghalang yang dapat menghalangi dalam vonis kafir atas individu (takfir mu'ayyan), dan pengkafiran secara umum (takfir muthlaq) tidak melazimkan pengkafiran atas individu, kecuali terpenuhinya syarat-syarat dan tidak adanya penghalang untuk dikafirkan."

Majmu' Al Fatawa Juz 12 Halaman 487 - 488

--

Faidah:
1. Bahwa dalam vonis kafir individu (takfir mu'ayyan) harus terpenuhi syarat-syarat dan tidak adanya penghalang-penghalang yang menghalangi pelakunya dikafirkan

2. Vonis kafir secara umum (takfir muthlaq) tidak melazimkan vonis kafir secara individu (takfir mu'ayyan)

Contoh bentuk vonis kafir secara umum / takfir muthlaq:
"Barangsiapa yang berbuat begini maka dia kafir"

Namun ketika vonis diatas ingin diarahkan ke individu tertentu, maka inilah yang dinamakan vonis takfir mu'ayyan. Maka wajib memenuhi persyaratan-persyaratan sebelum dikafirkan dan memastikan tidak adanya penghalang-penghalang untuk mengkafirkan pelakunya, serta ditegakkan hujjah atasnya yang dilakukan oleh Ulama yang ahli dan yang memiliki kapasitas, bukan setiap orang apalagi penuntut ilmu dan orang awam.

Kelima

قال شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله :

فقد يكون الفعل أو المقالة كفراً، ويطلق القول بتكفير من قال تلك المقالة، أو فعل ذلك الفعل، ويقال: من قال كذا، فهو كافر، أو من فعل ذلك، فهو كافر. لكن الشخص المعين الذي قال ذلك القول أو فعل ذلك الفعل لا يحكم بكفره حتى تقوم عليه الحجة التي يكفر تاركها.

..، فلا يشهد على معين من أهل القبلة بأنه من أهل النار، لجواز أن لا يلحقه، لفوات شرط أو لثبوت مانع

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:

"Terkadang suatu perbuatan atau perkataan adalah kekufuran, namun perkataan atau perbuatan kekufuran tersebut, DIMUTLAKKAN VONIS PENGKAFIRANNYA.

Karenanya dikatakan: "Barangsiapa yang berkata demikian maka dia kafir" atau "Barangsiapa yang berbuat demikian maka dia kafir".

Akan tetapi, seseorang individu tertentu yang mengatakan atau berbuat kekufuran, tidak lantas divonis kafir sampai DITEGAKKAN KEPADANYA HUJJAH, sehingga dapat mengkafirkan bagi pelaku yang mengabaikan hujjah tersebut.

Sehingga tidak boleh memvonis kepada individu tertentu dari ahlul kiblat dengan vonis ahli neraka, karena bisa jadi memang belum layak divonis demikian dengan alasan TIDAK TERPENUHINYA SYARAT dan ADANYA PENGHALANG.

Majmu' Al Fawata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Juz 23 Halaman 345

Faidah:
1. Beliau rahimahullah membedakan antara takfir muthlaq (pengkafiran secara umum) dengan takfir mu'ayyan (pengkafiran atas individu tertentu)
2. Wajibnya iqamatul hujjah dalam vonis takfir mu'ayyan
3. Wajib memastikan terpenuhinya syarat-syarat pengkafiran dan tidak adanya penghalang-penghalang yang menghalangi pelakunya dikafirkan

Keenam

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

وقررته أيضا فى أصل "التكفير و التفسيق" المبنى على أصل الوعيد
فإن نصوص الوعيد التى فى الكتاب و السنة و نصوص الأئمة بالتكفير و التفسيق و نحو ذلك لا يستلزم ثبوت موجبها في حق المعين إلا إذا وجدت الشروط و انتفت الموانع , لا فرق في ذلك بين الأصول و الفروع 

“Dan juga aku tetapkan prinsip "Takfir Dan Tafsiq" itu dibangun diatas dasar dalil ancaman. Sungguh teks-teks ancaman didalam AlQuran dan AsSunnah serta perkataan para imam, perihal takfir dan tafsiq atau yang semisalnya, itu tidak melazimkan adanya pengkafiran atas individu tertentu kecuali setelah terpenuhinya syarat dan hilangnya penghalang-penghalang dalam pengkafiran, tidak ada bedanya baik dalam perkara ushul maupun perkara cabang."

Majmu' Al-Fatawa Syaikhul Islam Ahmad Bin Taimiyyah rahimahullah, Juz 10, Halaman 372

Ketujuh

 Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata:
لكن من الناس من يكون جاهلا بعض هذه الأحكام جهلا يعذر به , فلا يحكم بكفر أحد حتى تقوم عليه الحجة من جهة بلاغ الرسالة , كما قال تعال: لِئَلَّا يَكُونَ لِلنَّاسِ عَلَيْكُمْ حُجَّةٌ إِلَّا الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْهُمْ
و قال تعالى : وَمَا كُنَّا مُعَذِّبِينَ حَتَّىٰ نَبْعَثَ رَسُولًا

"Akan tetapi ada sebagian manusia yang jahil (bodoh), terhadap sebagian hukum-hukum syari sehingga dia diberi uzur dengan kejahilannya, maka tidak boleh seorangpun menghukuminya dengan vonis kafir kecuali DITEGAKKAN HUJJAH kepadanya, ini ditinjau dari sampainya risalah kepada orang tersebut. Hal ini sebagaimana firman Allah:
".. agar tidak ada lagi hujjah bagi manusia atas kamu, kecuali orang-orang yang zalim diantara mereka".
(Quran Surat Al-Baqarah Ayat 150)

Allah juga berfirman:
"Dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul"
(Quran Surat Al-Isra Ayat 15)
Majmu' Al-Fatawa Syaikhul Islam Ahmad Bin Taimiyyah rahimahullah, 
 Juz 11 Halaman 406

Kedelapan

Syaikhul Islam Ahmad Bin Taimiyyah rahimahullah berkata:

"و من جالسني يعلم ذلك مني : أنى من أعظم الناس نهيا عن أن ينسب معين إلى تكفير ، و تفسيق ، معصية، إلا إذا علم أنه قد قامت عليه الحجة الرسالية التي من خالفها كان كافرا تارة، وفاسقا أخرى، و عاصيا أخرى .. "

"Dan bagi yang bermajelis denganku, tentu mereka tahu bahwa diriku termasuk orang yang paling keras MELARANG DARI VONIS MU'AYYAN (vonis khusus atas individu muslim) dalam masalah vonis kafir, fasik dan maksiat KECUALI diketahui bahwa sudah DITEGAKKAN HUJJAH, siapa yang menyelisihinya bisa menjadi kafir, fasik atau maksiat".

Majmu' Al-Fatawa Syaikhul Islam Ahmad Bin Taimiyyah rahimahullah, Juz 3, Halaman 229

Dari sini jelas, bahwa iqamatul hujjah merupakan salahsatu syarat yang wajib harus terpenuhi sebelum jatuhnya vonis pengkafiran atas individu muslim yang berbuat kekufuran atau yang dikenal vonis takfir mu'ayyan.

Ini bukan tafsiran dari kantong saya sendiri, sebagaimana sangkaan sebagian orang, melainkan Syaikhul Islam sendiri yang menjelaskan bagaimana sikap beliau dalam pembahasan yang detail, seperti halnya pembahasan dalam masalah takfir mu'ayyan.

Tentulah mudah bagi beliau Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah, mengecualikan bahwa iqamatul hujjah dalam takfir mu'ayyan itu tidak perlu jika perkaranya al ma'luum minaddiini bidh dharurah (perkara agama yang telah diketahui hukumnya secara terang benderang baik awam maupun ulama), AKAN TETAPI TIDAK DITEMUKAN penjelasan beliau dengan KALIMAT YANG SHARIH/TEGAS bahwa beliau ada mengecualikannya.

Sekali lagi, ini bukan pertama kali Syaikhul Islam menafsirkan ucapan para ulama termasuk ucapan beliau sendiri, bagaimana memahami perkataan ulama yang sifat pengkafirannya masih mutlak (umum) dan yang mana mu'yyan (khusus), dengan kalam beliau yang selalu ana ulang,

 Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:

فقد يكون الفعل أو المقالة كفراً، ويطلق القول بتكفير من قال تلك المقالة، أو فعل ذلك الفعل، ويقال: من قال كذا، فهو كافر، أو من فعل ذلك، فهو كافر. لكن الشخص المعين الذي قال ذلك القول أو فعل ذلك الفعل لا يحكم بكفره حتى تقوم عليه الحجة التي يكفر تاركها.

"Terkadang suatu perbuatan atau perkataan adalah kekufuran, namun perkataan atau perbuatan kekufuran tersebut, DIMUTLAKKAN VONIS PENGKAFIRANNYA.

Karenanya dikatakan: "Barangsiapa yang berkata demikian maka dia kafir" atau "Barangsiapa yang berbuat demikian maka dia kafir".

Akan tetapi, seseorang individu tertentu yang mengatakan atau berbuat kekufuran, tidak lantas divonis kafir sampai DITEGAKKAN KEPADANYA HUJJAH, sehingga dapat mengkafirkan bagi pelaku yang mengabaikan hujjah tersebut.

Majmu' Al-Fawata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Juz 23 Halaman 345

Kesembilan

Syaikhul Islam Ahmad Bin Taimiyyah rahimahullah dalam kitabnya Majmu' Al-Fatawa, membawakan beberapa contoh penyimpangan dari sebagian besar kaum muslimin, diantaranya mereka tidak menetapkan seluruh apa yang Allah kabarkan melalui lisan RasulNya shallallahu ’alaihi wasallam, mereka tidak mengharamkan apa yang Allah haramkan, mereka beragama namun menyelisihi agama yang Allah utus kepada RasulNya baik perkara bathin maupun yang zhahir, seperti: seseorang yang meyakini syaikhnya-lah yang memberi rezeki kepadanya, yang menolongnya dan memberi hidayahnya, atau yang melindunginya, bahkan berdoa dan sujud kepada syaikhnya tersebut, atau dia melebihkan syaikhnya atas Nabi dengan keutamaan baik secara umum atau khusus, dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah, atau dia meyakini bahwa syaikhnya tidak perlu mengikuti Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, 

Kemudian Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:

فكل هؤلاء كفار إن أظهروا ذلك؛ و منافقون إن لم يظهروه

"MAKA SUNGGUH MEREKA SEMUA ADALAH ORANG-ORANG KAFIR JIKA MENAMPAKKANNYA, DAN MEREKA ADALAH ORANG-ORANG MUNAFIK JIKA MEREKA MENYEMBUNYIKANNYA. 

Orang seperti mereka ini, banyak dizaman ini, sementara sedikitnya dai, dan kurang tersebarnya ajaran risalah kerasulan dimayoritas negeri, dan kebanyakan mereka tidak mengetahui petunjuk dari hadits-hadits Nabi dan warisan kenabian bahkan tidak sampai kepada mereka. 
Dan diwaktu dan tempat yang dakwah sangat kurang, seseorang tetap diganjar pahala atas imannya yang sedikit, dan Allah telah mengampuni atas seseorang yang belum ditegakkan hujjah kepadanya, yang sebaliknya tidak akan diampuni jika hujjah telah tegak atasnya, sebagaimana dalam hadits yang ma'ruf:

يأتي على الناس لا يعرفون فيه صلاة، ولا صياما، ولا حجا ولا عمرة إلا الشيخ الكبير و العجوز الكبيرة. ويقولون : أدركنا آباءنا وهم يقولون لا إله إلا الله، فقيل لحذيفة بن اليمان : ماتغنى عنهم لا إله إلا الله؟ فقال : تنجيهم من النار

"Akan datang zamannya, dimana manusia tidak mengetahui shalat, puasa, haji, umrah kecuali seorang bapak atau ibu tua, dan mereka berkata: "Kami cuma mendapati nenek moyang kami, dan mereka cuma berkata "Laa ilaaha illallah", maka dikatakan kepada Huzaifah bin Yaman: "Apakah   "Laa ilaaha illallah" cukup bagi mereka?!", maka dia menjawab: "syahadat mereka  tersebut menyelamatkan mereka dari api neraka".

 وأصل ذلك أن المقالة التي هي كفر بالكتاب و السنة و الإجماع يقال هي كفر قولا يطلق،

Pada asalnya  keyakinan mereka itu adalah kekufuran, berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah serta ijma', DIKATAKAN KUFUR, NAMUN VONISNYA DIMUTLAKKAN, 
Sebagaimana yang ditunjukkan oleh dalil syari bahwa Iman itu bagian dari hukum-hukum yang tidak terlepas dari Allah dan RasulNya, bukan dari hukum prasangka manusia dan hawa nafsu mereka.

و لا يجب أن يحكم في كل شخص قال ذلك بأنه كافر حتى يثبت في حقه شروط التكفير و تتوفى موانعه 

SEHINGGA TIDAK BOLEH MEMVONIS KAFIR INDIVIDU TERTENTU, SAMPAI TERPENUHI HAKNYA DARI SYARAT-SYARAT PENGKAFIRAN DAN TIDAK ADANYA PENGHALANG-PENGHALANGNYA.

Contohnya: seseorang berkata bahwa khamer atau riba itu halal, itu bisa jadi dikarenakan baru dekatnya dia dengan islam, atau dia tumbuh dinegeri yang jauh dari Islam, atau dia mendengar sebuah kalam yang mengingkari hukumnya, namun dia tidak meyakini bahwasanya itu berasal dari Al-Quran maupun dari hadits Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, sebagaimana sebagian salaf mengingkari sesuatu, sampai Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menerangkan masalah tersebut kepada mereka dan juga sebagaimana kisah sebagian shahabat yang mereka ragu perihal masalah melihat Allah (diakhirat), kemudian ditanyakan masalah tersebut kepada Nabi shallallahu' alaihi wasallam, dan juga contoh lain, seseorang yang berkata : "Jika aku mati,  tumbuklah jasadku halus-halus, kemudian buanglah kelaut, aku berharap bisa hilang dari Allah",. dan contoh semisal lainnya. 

فإن هؤلاء لايكفرون حتى تقوم عليهم الحجة بالرسالة،

SUNGGUH MEREKA INI TIDAK DIKAFIRKAN, SAMPAI DITEGAKKAN HUJJAH KEPADA MEREKA, 
sebagaimana Allah berfirman:

رُسُلًا مُبَشِّرِينَ وَمُنْذِرِينَ لِئَلَّا يَكُونَ لِلنَّاسِ عَلَى اللَّهِ حُجَّةٌ بَعْدَ الرُّسُلِ

"Agar tidak alasan lagi bagi manusia membantah Allah, setelah diutusnya para Rasul".
Dan sungguh Allah telah memaafkan untuk umatnya dari kesalahan dan lupa.."
Majmu 'Al Fatawa Juz 35 Halaman 164 - 166

Wallahu A'lam

Related

Slide 5149536835998106668

Posting Komentar

Popular

Comments

"Bagaimana mungkin kita bisa mencintai Allah, sementara dalam keadaan kita tidak mengenal Nama-namaNya, sifat-sifatNya, tidak tahu keberadaannya, tidak tahu apa yang Dia benci dan tidak tahu apa yang Dia sukai..."
item