Dengar Adzan Jum'at Dulu Atau Langsung Sholat Tahiyyatul Masjid?

Pertanyaan: 
Syaikh Ibnu 'Utsaimin -rahimahullah-, ditanya tentang seorang yang ketika datang menuju masjid pada hari jumat, kemudian muadzdzin adzan sholat jumat kedua, (mana yang benar) apakah harus mengikuti adzan tersebut ataukah sholat tahiyyatul masjid?

Jawaban:
Syaikh -rahimahullah- menjawab: Para ulama menjelaskan bahwa jika orang tersebut masuk masjid sementara dia mendengarkan adzan jumat yang kedua, maka hendaknya dia sholat tahiyyatul masjid, sehingga dia tidak tersibukkan dengan mengikuti adzan dan menjawabnya. Yang demikian untuk bersegera mendengarkan khutbah jum'at, karena mendengarkan khutbah adalah wajib sedangkan menjawab panggilan muadzdzin adalah sunnah. Dan hukum sunnah tidak dapat mengalahkan yang wajib.

Majmu' Fatawa Syaikh Muhamamd Bin Shalih Al 'Utsaimin rahimahullah

 وقد سئل الشيخ ابن عثيمين رحمه الله تعالى عن الرجل إذا جاء المسجد يوم الجمعة والمؤذن يؤذن الأذان الثاني فهل يتابعه أو يصلي تحية المسجد ؟ فأجاب قائلا : ذكر أهل العلم أن الرجل إذا دخل المسجد وهو يسمع الأذان الثاني فإنه يصلي تحية المسجد ولا يشتغل بمتابعة المؤذن وإجابته , وذلك ليتفرغ لاستماع الخطبة لأن استماعها واجب , وإجابة المؤذن سنة , والسنة لا تزاحم الواجب . اهـ. من مجموع فتاواه. والله أعلم.

Related

Fiqh 3431826996366093341

Posting Komentar

Popular

Comments

"Bagaimana mungkin kita bisa mencintai Allah, sementara dalam keadaan kita tidak mengenal Nama-namaNya, sifat-sifatNya, tidak tahu keberadaannya, tidak tahu apa yang Dia benci dan tidak tahu apa yang Dia sukai..."
item