Alasan kebanyakan masjid kembali sepi jamaahnya menjelang berakhir Ramadhan

laki-laki wajib sholat dimasjid"Kebanyakan masjid", mulai pertengahan ramadhan, jamaahnya semakin berkurang.. dan kembali rame pas sholat idul fitri dan kembali sepi setelahnya,. shahih ya?!
Kira2 alasannya apa ya? mudik,, hmm apa iyya 1 kampung mudik.. : ))

Ini alasannya gan:
Pahala sholat adalah perkara ghaib, Allah tidak tampakkan secara zhahir..

Sekiranya pahala ditampakkan: "sekali sholat dapat 1 juta", tentu manusia berbondong-bondong ke masjid.. Namun Allah tidak tampakkan seperti itu, dan tentunya pahalanya jauh lebih besar dari 1 juta..

Ini adalah bentuk ujian keimanan dan Allah ingin menguji siapa yang benar-benar tulus mengharapkan pahala Allah, oleh karenanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

من قام رمضان إيمانا و احتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

“Barangsiapa yang menegakkan shalat pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu “ . Hadits Muttafaqun 'alaihi

Dan perlu diketahui wajib bagi laki-laki yang sudah "mukallaf" sholat fardhu 5 waktu dimasjid kecuali ada udzur syar'i.. ini adalah pendapat yang kuat, karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ يَأْتِهِ فَلَا صَلَاةَ لَهُ إِلَّا مِنْ عُذْرٍ

“Barangsiapa yang mendengar azan lalu tidak mendatanginya, maka tidak ada shalat baginya, kecuali bila ada uzur.” (Hadits shahih riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah).

Dalam kesempatan lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengecam keras orang yang tidak sholat dimasjid, beliau bersabda,

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ آمُرَ بِحَطَبٍ فَيُحْطَبَ ثُمَّ آمُرَ بِالصَّلَاةِ فَيُؤَذَّنَ لَهَا ثُمَّ آمُرَ رَجُلًا فَيَؤُمَّ النَّاسَ ثُمَّ أُخَالِفَ إِلَى رِجَالٍ فَأُحَرِّقَ عَلَيْهِمْ بُيُوتَهُمْ

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh aku ingin menyuruh untuk mengumpulkan kayu bakar lalu aku perintah untuk menegakkan shalat dan adzan, dan aku perintah seseorang untuk menjadi imam, kemudian aku keluar mendatangi mereka (kaum laki-laki yang tidak menghadiri shalat berjama’ah) lalu aku ingin bakar rumah-rumah mereka beserta penghuninya.” 
(Hadits riwayat Imam Bukhari)

Diantara udzur syar'i adalah sakit, safar, hujan lebat, sudah terhidang makanan di hadapannya dan ia sangat lapar, kondisi daerah yang mencekam menimbulkan ketakutan yang luar biasa dan seterusnya yang dibenarkan oleh syariat.

Sedangkan bagi wanita, maka boleh sholat dimasjid dengan izin suaminya, namun dirumah adalah lebih baik bagi mereka, karena Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لا تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمْ الْمَسَاجِدَ وَبُيُوتُهُنَّ خَيْرٌ لَهُنَّ

“Jangan kalian melarang isteri-isteri kalian ke masjid. Akan tetapi rumah-rumah mereka lebih baik bagi mereka.” (Hadits shahih riwayat Imam Abu Dawud)

Harapannya, semoga kita dan kaum muslimin bisa menjaga sholat 5 waktu dan diampuni dosa-dosa kita seluruhnya.

note: 
*Mukallaf adalah muslim yang sudah dikenai kewajiban berupa perintah dan menjauhi larangan agama..

Related

sholat 3276348736029778847

Posting Komentar

Popular

Comments

"Bagaimana mungkin kita bisa mencintai Allah, sementara dalam keadaan kita tidak mengenal Nama-namaNya, sifat-sifatNya, tidak tahu keberadaannya, tidak tahu apa yang Dia benci dan tidak tahu apa yang Dia sukai..."
item